Sabtu, 09 Oktober 2010

TUGAS PENGANTAR BISNIS # 1

MANAJEMEN UMUM
  • PENGERTIAN MANAJEMEN
         Istilah manajemen berasal dari kata management (bahasa inggris), turunan dari kata "to manage" yang artinya mengurus, tata laksana atau ketata laksanaan. Sedangkan menurut bahasa perancis tua, manajemen berarti seni melaksakan adn mengatur. manajemen dapat diartikan bagaimana cara manajer (orangnya) mengatur, membimbing, dan memimpin orang-orang yang dipimpinnya untuk mencapai tujuan yang telah ditetapkan sebelunya.


       Banyak para ahli yang memberikan definisi manajemen, antara lain Harold koontz & O' Donnel dalam bukunya yang berjudul "PRINCIPLES OF MANAGEMENT". mereka mengemukakan bahwa manjemen berhubungan dengan pencapaian suatu tujuan yang dilakukan melalui dan dengan orang-orang lain.

MANAJER adalah pengawas dari kegiatan yang dilakukan untuk mencapai tujuan organisasi. kemampuan yang harus dimiliki seorang manajer antara lain:
1. Managerial skills (entrepreneurial) adalah kemempuan untuk mempergunakan kesempatan secara efektif
2. Technology skills adalah keahlian khusus bersifat ekonomis teknis yang diperlukan pada pelaksanaan pekerjaan ekonomis.
3. Organizational skills adalah kecerdasan untuk mengatur berbagai usaha.
  • TINGKATAN MANAJEMEN DAN PRINSIP MANAJEMEN
A. Top manajemen yaitu manajemen tertinggi yang bertugas menetapkan kebijakan operasional. ex: dewan direksi, presiden perusahaan, gubernur dan rektor.

B. Middle manajemen yaitu manajemen yang bertugas mengembangkan rencana-rancana operasi dan menjalankan tugas yang ditetapkan oleh manajemen puncak. ex: kepala bagian, kepala divisi, kepala seksi.

C. Lower manajemen yaitu manajemen yang bertugas menjalankan rencana-rencana yang dibuat oleh manajemen menengah juga mengawasi pekerja dan bertanggung jawab pada manajemen menengah. ex: mandor, supervisor.
  • PRINSIP MANAJEMEN
Menurut Henry Fayol, prinsip manajemen antara lain pembagian kerja, otoritas dan tanggung jawab, disiplin kesatuan komando (vawahan menerima perintah dari satu atasan saja), kesatuan pengarahan, menomorduakan kepentingan individu, gaji (pemberian gaji yang adil bagi karyawan), sentralisasi dan desentralisasi, rantai saklar (peringkat pangkat), keterauran, keadilan, stabilitas masa jabatan, inisiatif, semangat korps.
                                                                        Henry Fayol
  • SARANA MANAJEMEN
Sarana manajemen biasa dikenal dengan sebutan 6M, antara lain:
1. MAN (manusia)
2. MONEY (uang)
3. MATERIAL (bahan-bahan)
4. MACHINES (mesin)
5. METHODS (cara)
6. MARKET (pasar)

0 komentar:

Posting Komentar

 
Copyright (c) 2010 DIANA'S BLOG. Design by WPThemes Expert
Themes By Buy My Themes And Cheap Conveyancing.